Sabtu, 30 Agustus 2014

PENGALAMAN GURU TERBAIK

Ingin sukses ? belajar pada orang sukses. Tak ada cara terbaik dari pada belajar dari pengalaman. Baik pengalaman diri sendiri maupun pengalaman orang lain. Di sini kita bisa saling belajar tentang kesuksesan orang sukses. Ambil saripati pengalamannya, pola pikir serta keberaniannya memperjuangkan impian.

Sukses bisa dipelajari. Sukses juga hak semua orang. Jadi tak ada alasan untuk sukses, karena sukses itu sendiri merupakan sesuatu yang PASTI TERJADI pada orang yang mau menerapkan PRINSIP-PRINSIP SUKSES.

Tak banyak berkata, mari kita sama-sama belajar dari orang sukses. Tips dibawah ini akan mengajarkan pada kita, beberapa kebiasaan sukses. 

“Buat hari anda sebuah mahakarya.” Itulah nasihat yang didapatkan John Wooden dari ayahnya, Joshua Wooden. Ia memasukkan nasihat ini ke dalam hatinya: ia kemudian menjadi salah satu pembicara dan trainer terhebat yang pernah ada.
Tentu saja, itu tidak mudah untuk membuat hari kita sebuah mahakarya. Tapi setidaknya kita bisa membuat hari kita menjadi produktif.
Bagaimana kita bisa melakukan hal tersebut?
Berdasarkan pengalaman, berikut adalah lima cara untuk memiliki hari yang produktif:

1. Memiliki rutinitas pagi yang baik.
Cara anda memulai hari anda hanya ada 2: membuatnya atau menghancurkannya. Jika anda memulai dengan baik, kemungkinan hari anda akan menjadi baik pula. Namun jika anda tidak melakukannya, maka hari anda mungkin tidak sebaik seperti yang seharusnya. Itulah mengapa anda perlu memiliki rutinitas pagi. Rutinitas pagi mempersiapkan anda selama satu hari penuh.
Rutinitas pagi yang baik harus memiliki unsur-unsur berikut ini:

√ Waktu untuk berefleksi
Ini adalah waktu yang anda habiskan untuk mendapatkan kejelasan atas hidup Anda. Di sini anda akan menata ulang pikiran anda dan berpikir tentang kemana hidup anda akan dibawa. Kejelasan yang anda dapatkan akan membantu anda membuat keputusan sepanjang hari. Refleksi ini bisa mengambil banyak bentuk, salah satu contohnya adalah doa.

√ Olahraga
Olahraga dapat memberikan dorongan energi. Sebagai hasilnya, anda akan dapat berpikir lebih jernih dan meraih lebih banyak hasil sepanjang hari. Anda juga akan mampu mempertahankan antusiasme anda.
√ Perencanaan
Kapasitas anda terbatas; anda hanya dapat melakukan beberapa hal dengan baik dalam sehari. Itulah mengapa penting bagi anda untuk melakukan perencanaan dan memprioritaskan tugas-tugas anda. Di sinilah kejelasan memainkan peran: itu akan membantu anda memprioritaskan cara yang benar, karena anda mengetahui mana yang penting dan mana yang tidak. Dibanding hanya mengikuti arus, anda mengetahui apa yang terbaik untuk anda.

2. Fokus
Setelah menyelesaikan rutinitas pagi anda, berikutnya anda bersiap untuk melakukan tugas-tugas dan kegiatan-kegiatan anda. Salah satu kunci untuk menyelesaikan hal-hal tersebut adalah fokus pada tugas di tangan. Jangan sampai anda terganggu oleh hal lain karena hanya akan membuat anda mengambil lebih banyak waktu dan energi untuk menyelesaikan tugas.
Gunakanlah alat bantu seperti timer untuk membuat anda tetap fokus. Setiap kali timer berjalan, anda harus bekerja pada tugas. Jika anda akan beralih ke sesuatu yang lain, anda harus menghentikan timer. Hal ini membuat kecil kemungkinan untuk anda terganggu karena anda harus sadar menghentikan timer untuk beralih ke sesuatu yang lain.

3. Ambil istirahat
Anda tidak bisa terus berada di puncak setiap saat sepanjang hari. Ada saat dimana energi anda berada pada level yang rendah. Perperbaharui energi anda dengan mengambil istirahat. Winston Churchill, misalnya, memiliki kebiasaan tidur siang.

4. Rayakan kemenangan
Untuk memiliki hari yang produktif, anda perlu menjaga motivasi anda tetap tinggi. Salah satu cara yang baik untuk melakukannya adalah merayakan kemenangan-kemenangan anda. Ini bisa dimulai dengan cara yang sangat sederhana seperti menghapus/mencoret tugas yang sudah diselesaikan dari daftar rencana anda, atau anda bisa membuat jurnal di mana anda mencatat prestasi-prestasi anda. Dalam kasus apapun, melihat seberapa jauh anda telah melangkah akan memotivasi anda untuk pergi lebih jauh.

5. Meningkatkan kualitas dari waktu dengan intensitas rendah
Beberapa kegiatan tidak memerlukan konsentrasi penuh. Untuk kegiatan tersebut, anda dapat meningkatkan kualitas waktunya sambil memberi makan pikiran anda. Waktu olahraga, misalnya, adalah saat yang tepat untuk mendengarkan podcasts atau audio books.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar